Komponent COOLING Sistem Mesin


Komponen  Cooling Sistem
  1. Heater core
  2. Water pump
  3. Cooling fan
  4. Coolant reservoir
  5. Radiator
  6. Thermostat
  7. Hoses



Sebuah mesin 4 silinder yang biasa terlihat di sepanjang jalan raya dengan kecepatan tempuh di sekitar 50 mil per jam, akan menghasilkan 4000 ledakan terkontrol per menit di dalam mesin untuk mendorong kendaraan di jalan. Jelas, ledakan ini menghasilkan panas timggi dan, jika tidak dikendalikan, akan merusak mesin dalam hitungan menit. Mengontrol suhu tinggi adalah tugas dari sistem pendingin (Cooling Sistem).



Sistem pendingin yang modern tidak banyak berubah dari sistem pendingin diawal abad 20 dulu. Tentu saja, telah jauh lebih handal dan efisien, Sistem pendingin dasar masih terdiri dari cairan pendingin yang beredar melalui mesin, kemudian keluar ke radiator untuk didinginkan oleh aliran udara yang datang melalui grill depan kendaraan atau mesin.



Sistem pendingin harus menjaga mesin pada suhu konstan apakah suhu udara luar adalah 110 derajat Fahrenheit atau 10 di bawah nol. Jika suhu mesin terlalu rendah, pemakaian bahan bakar menjadi tidak ekonomis dan emisi akan meningkat. Jika suhu atau terlalu panas dalam waktu yang lama, mesin dengan sendirinya akan cepat rusak.

Bagaimana Kerja Sistem Pendingin?

Sebenarnya, ada dua jenis sistem pendingin ditemukan pada mesin: Sistem Pendingin cair (Liquid Cooled) dan Sistem pendinginan udara (Air Cooled). Mesin Air cooled ditemukan pada beberapa mobil tua jaman dulu, seperti Volkswagen Beetle asli, Corvair Chevrolet dan lainnya. Sepeda motor modern masih menggunakan pendingin udara, tetapi untuk sebagian besar, mobil dan truk menggunakan sistem Liquid Cooled. Artikel ini selanjutnya akan membahas Liquid Cooled.

Sistem pendingin terdiri dari bagian-bagian di dalam blok mesin dan kepala, pompa air untuk mengalirkan pendingin, termostat untuk mengontrol suhu pendingin, radiator untuk mendinginkan pendingin, sebuah tutup radiator untuk mengontrol tekanan dalam sistem, dan beberapa pipa yang terdiri dari interkoneksi selang untuk mentransfer pendingin dari mesin ke radiator dan juga untuk sistem pemanas mobil yang mana pendingin panas digunakan untuk menghangatkan interior kendaraan pada hari yang dingin.

Sebuah sistem pendingin bekerja dengan mengirimkan cairan pendingin melalui saluran dalam blok mesin dan kepala blok. Sebagian pendingin mengalir melalui bagian ini, untuk mengambil panas dari mesin. Cairan dipanaskan kemudian mengalir melalui selang karet ke radiator di bagian depan mobil. Seperti mengalir melalui tabung tipis di radiator, cairan panas didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin dari grill depan mobil/mesin. Setelah cairan didinginkan, ia kembali ke mesin untuk menyerap panas lebih banyak. Pompa air (water pump) memiliki tugas menjaga cairan bergerak melalui sistem pipa dan bagian-bagian tersembunyi.

Termostat ditempatkan antara mesin dan radiator untuk memastikan bahwa cairan pendingin tetap di atas suhu preset tertentu. Jika suhu cairan pendingin turun di bawah suhu ini, termostat menghambat aliran cairan pendingin radiator, memaksa cairan bukan melalui bypass langsung kembali ke mesin. Cairan pendingin akan terus beredar seperti ini sampai mencapai suhu desain, di mana titik, termostat akan membuka katup dan memungkinkan kembali cairan pendingin melalui radiator.

Dalam rangka untuk mencegah 
cairan pendingin dari mendidih, sistem cairan pendingin ini dirancang untuk menjadi bertekanan. Di bawah tekanan, titik didih pendingin dinaikkan jauh. Namun, terlalu banyak tekanan akan menyebabkan selang dan bagian lain meledak, sehingga sistem diperlukan untuk mengurangi tekanan jika melebihi titik tertentu. Tugas menjaga tekanan dalam sistem pendingin milik tutup radiator (radiator cap). Topi ini  (radiator cap) dirancang untuk melepaskan tekanan jika mencapai batas atas yang ditentukan. Sebelum tahun 70-an, tutup akan melepaskan tekanan ekstra ke trotoar. Sejak itu, sistem telah ditambahkan untuk menangkap cairan dilepaskannya dan menyimpannya sementara dalam tangki cadangan. Cairan ini kemudian akan kembali ke sistem pendingin setelah mesin didinginkan. Inilah yang disebut sistem pendingin tertutup ( closed cooling system).

SirkulasiCoolant (cairan pendingin) mengalir dari water pump, melalui saluran di dalam blok mesin di mana ia mengumpulkan panas yang dihasilkan oleh silinder. Ini kemudian mengalir sampai ke kepala silinder (atau kepala di mesin tipe V) di mana ia mengumpulkan lebih banyak panas dari ruang pembakaran. Kemudian mengalir keluar melewati termostat (jika thermostat dibuka untuk memungkinkan cairan untuk lulus), melalui selang radiator atas dan masuk ke radiator. Pendingin mengalir melalui tabung pipih tipis yang membentuk inti radiator dan didinginkan oleh aliran udara melalui radiator. Dari sana, mengalir keluar dari radiator, melalui selang radiator bawah dan kembali ke pompa air. Pada saat itu, cairan pendingin tersebut sudah mendingin dan siap untuk mengumpulkan lebih banyak panas dari mesin.Kapasitas sistem direkayasa untuk jenis dan ukuran mesin dan beban kerja yang diharapkan. Jelas, sistem pendingin untuk mesin, V8 yang lebih besar lebih kuat dalam kendaraan berat akan membutuhkan kapasitas jauh lebih sebuah mobil kompak dengan mesin 4 silinder kecil. Pada kendaraan besar, radiator yang lebih besar dengan tabung lebih banyak untuk pendingin mengalir melalui. Radiator ini juga lebih luas dan lebih tinggi untuk menangkap aliran udara yang lebih masuk kendaraan dari grill depan.AntibekuCoolant melalui mesin dan pipa yang terkait harus mampu menahan suhu di bawah nol tanpa titik beku. Hal ini juga harus mampu menangani suhu mesin lebih dari 250 derajat tanpa mendidih. Sebuah titik tertinggi dari cairan apapun, tapi itu tidak semua. Cairan tersebut juga harus memuat inhibiters karat dan pelumas.Cairan pendingin mesin saat ini merupakan campuran etilen glikol (antibeku) dan air. Rasio yang disarankan adalah fifty-fifty. Dengan kata lain, satu bagian antibeku dan satu bagian air. Ini adalah minimum yang disarankan untuk digunakan pada mesin mobil. Jika antibeku kecil maka titik didih akan terlalu rendah. Dalam iklim tertentu di mana suhu bisa berjalan dengan baik di bawah nol, maka diijinkan untuk memiliki sebanyak 75% antibeku dan air 25%, tetapi tidak lebih dari itu. Antibeku murni tidak akan bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan cepat panas.Antibeku sangat beracun dan harus dijauhkan dari orang-orang dan hewan, terutama anjing dan kucing, yang tertarik oleh rasa manis. Glikol Etilen, jika tertelan, akan membentuk kristal kalsium oksalat di ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut dan kematian.


Sumber : http://www.carparts.com